Penerapan Transformasi Laplace Modifikasi Pada Persamaan Diferensial Linear Orde Dua Untuk Osilasi Getaran Mekanis Oleh Gaya Luar

  • Fitriana Minggani STKIP PGRI Sumenep
Keywords: getaran mekanis, persamaan diferensial linear orde dua, transformasi laplace modifikasi

Abstract

Transformasi Laplace Modifikasi merupakan salah satu jenis transformasi integral yang memungkinkan digunakan untuk
menyelesaikan persamaan diferensial linear orde dua. Transformasi Laplace Modifikasi diperoleh dengan melakukan
penambahan koefisien melalui variabel yang sesuai pada persamaan Transformasi Laplace yang dinyatakan dalam
bentuk ℒ�{�(�)} = �(�)=√� ∫0∞ �−�� �(�)�� dengan � > 0 dan �−�� merupakan fungsi kernel transformasi, serta �
merupakan variabel transformasi untuk � ∈ ℝ+. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan persamaan diferensial
linear pada kasus getaran mekanis sistem pegas yang terjadi osilasi oleh gaya luar tanpa redaman, menggunakan
transformasi laplace modifikasi. Hasil penelitian ini memberikan solusi persamaan diferensial linear orde dua, sehingga solusi tersebut dapat digunakan untuk mnentukan persamaan getaran mekanis yang dikenai gaya luar.

References

[1] Boyce, W.E, Di Prima R.C., 2012, Elementary Differential Equations Tenth Edition. New York:
Wiley and Sons
[2] Maharani, R., 2017, Aplikasi Transformasi Laplace Pada Persamak an Diferensial Orde Dua Untuk
Pendulum Sederhana dan Pendulum Fisis, Jurnal Konstanta, Vol 1 No. 1, Juli-Desember
[3] Nugroho, D.B., 2011, Persamaan Diferensial Biasa dan Aplikasinya, Yogyakarta: Graha Ilmu
[4] Ross, LS. Differential Equations Third Edition. Wiley and Sons: New York; 1984.
[5] Yusnanda, Helmi, dan Yudhi, 2019, Transformasi Laplace Modifikasi untuk Menyelesaikan Beberapa
Persaman Diferensial Biasa Linear, Buletin Ilmiah Mat, Stat, dan Penerapannya (Bimaster), Vol 8: 53-
62
Published
2019-12-27
How to Cite
Minggani, F. (2019). Penerapan Transformasi Laplace Modifikasi Pada Persamaan Diferensial Linear Orde Dua Untuk Osilasi Getaran Mekanis Oleh Gaya Luar. National Conference on Mathematics, Science and Education (NACOMSE), 2(1), 91 - 98. Retrieved from http://proceeding.uim.ac.id/index.php/nacomse/article/view/396