Penerapan Metode Bermuatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini

  • Musayyadah Musayyadah Universitas Islam Madura
  • Dewi Pusparini Universitas Islam Madura
  • Denok Dwi Anggara Universitas Islam Madura
Keywords: Metode STEAM, Daya Nalar, Pembelajaran anak usia dini

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) semakin berkembang dari waktu ke waktu, sebagian besar keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh pendidik dengan penggunaan metode-metode yang berpusat pada anak (student-centered learning). Salah satu metode yang lagi trend adalah metode pembelajaran bermuatan STEAM (Science,Technology,Enginering,Art,dan Math). Penerapan metode bermuatan STEAM memberikan waktu untuk anak usia dini berpikir lebih luas dalam pemecahan masalah ketika aktifitas pembelajaran berlangsung, dimana anak akan memiliki pengalaman-pengalaman belajar yang bermakna melalui lingkungan sekitar. Metode steam sangat bermanfaat bagi anak usia dini karena dapat menimbulkan imajinasi-imajinasi alamiah dari proses pengamatan langsung dan menambah pengetahuan anak serta akan lebih kreatif. Tujuan dari penerapan metode bermuatan steam adalah untuk menghasilkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan mengembangkan daya nalar anak melalui kegiatan proses pembelajaran. Dalam hal ini pendidik sebagai fasilitator untuk mengembangkan dan menerapkan metode steam serta mengeksplorasi anak untuk memenuhi rasa keingintahuannya. Kata Kunci: Metode STEAM, daya nalar,  pembelajaran anak usia dini.

  ABSTRACT

Early childhood education (PAUD) is growing from time to time, most of the success of the learning process is determined by educators with the use of child-centered learning methods. One method that is more trendy is the method of learning containing STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Math). The application of STEAM charged method gives time for early children to think more broadly in problem solving when learning activities take place, where children will have meaningful learning experiences through the surrounding environment. The steam method is very useful for early childhood because it can generate natural imaginations from the direct observation process and increase children's knowledge and will be more creative. The purpose of applying the steam-charged method is to produce interesting and fun learning by developing children's reasoning through learning process activities. In this case the educator as a facilitator to develop and implement the steam method and explore children to fulfill their curiosity.

 Keywords: STEAM Method, mindset, early childhood learning.

References

Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah (Pertama; N. N. M, ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 86–93
Published
2019-12-27
How to Cite
Musayyadah, M., Pusparini, D., & Anggara, D. (2019). Penerapan Metode Bermuatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. National Conference on Mathematics, Science and Education (NACOMSE), 2(1), 99-104. Retrieved from http://proceeding.uim.ac.id/index.php/nacomse/article/view/438