ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI ECOMMERCESHOPEE DI PAMEKASAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL

  • Ary Iswahyudi
  • Ayu Nadya Fitrotin
  • Aang Kisnu Darmawan
Keywords: E-commerce, Servqual, Kepuasan Konsume

Abstract

ABSTRAK
E-commerce membawa peluang bisnis besar seperti penjualan produk dan penyediaan layanan online. Shopee
merupakan salah satu e-commerce termuda yang berkembang dengan pesat dalam pasar jual beli online.
Marketplace berbasis mobile ini secara resmi masuk ke Indonesia pada tahun 2015 dan pada 2018 telah meraih
1,5 juta transaksi dalam waktu 24 jam. Namun dengan strategi marketing yang disediakan pada aplikasi ini
masih ada pelanggan yang merasa belum puas dengan layanan yang telah disediakan. Oleh karena itupenelitian
ini ditujukan untuk menganalisis kualitas layanan dan kepuasan konsumen pemakai aplikasi ecommerce Shopee.
Variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan Shopee yang terdiri dari
tangible,reliability, responsiveness, Assurance, Empaty dan. Penelitian ini menggunakankan 66 konsumen
pengguna Shopee. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 variabel yang berpengaruh secara
signifikan terhadap kepuasan pengguna shopee yaitu Reability yang berpengaruh secara signifikan terhadap
kepuasan pengguna shoppeedengan nilai c.r sebesar -2.476danEmpathy berpengaruh secara signifikan
terhadap kepuasan pengguna shoppee dengan nilai c.r sebesar 2.620

 

Published
2020-03-10
Section
Articles