ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PENGGUNA SIM RS RSUD SLAMET MARTODIRJO PAMEKASAN MENGGUNAKAN METODE MODIFIED ECM (EXPECTATION CONFIRMATION MODEL)

  • Nur Maidah
  • Aang Kisnu Darmawan
  • Hoiriyah Hoiriyah
Keywords: : Kepuasanpengguna, SistemInformasiManajemenRumahSakit (SIM-RS), ECM, Servqual, SEM AMOS

Abstract

SIM-RS padaRumahSakitUmum Daerah Pamekasan(RSUD) dr. H. SlametMartodirjosudahditerapkansejak 2016 lalu, akantetapiselamasistemtersebutberjalanbelumpernahdilakukan survey kepuasanpenggunaterhadapsisteminformasi yang digunakan. Dikatakansisteminformasi yang berhasilyaituapabilasistem yang berjalandapatdigunakansecaramaksimalolehpenggunanyadantidakmenyulitkanpenggunadalammelakukantugasnya.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikualitaslayanandankepuasanpengguna SIM-RS menggunakanunsurunsuryang adadalammetodeServqualdan ECM (Expectation Confirmation Model). Data yang diperolehpadapenelitianiniadalahkuesioneryang disebarkankepada 65 respondenpengguna SIM-RS yang kemudiandiolahmenggunakan software SEM AMOS. Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwadari 9 hipotesisterdapat1variabel yang berpengaruhsecarasignifikanterhadapkepuasanpengguna, yaituvariabelPerceived UsefulnessygberpengaruhsecarasignifikankepadaContinued Intention dengannilaic.rsebesar3,923.

Published
2020-04-18
Section
Articles