PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERAKTIVE WHITEBOARD (IWB) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVAASI BELAJAR PESERTA DIDIK ( Study Kasus Di MTs Al-Amin Branta Pesisir Kabupaten Pamekasan)

  • Syamsul Rijal
  • Mujibur rohman
Keywords: Interaktive Whiteboard (IWB), Motivaasi Belajar, Peserta Didik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Interaktive
Whiteboard (IWB) Untuk Meningkatkan Motivaasi Belajar Peserta Didik. Penelitian ini dilakukan di MTs Al -Amin
Branta Pesisir Kabupaten Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasi dengan
pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan yaitu
Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas, kelas kontrol dan kelas
eksperimen dengan jumlah 90 peserta didik. Parameter penelitian yang diukur adalah tingkat pengaruh dan sebab
akibat antara variabel independent (X) yang berupa Media Pembelajaran Interactive Whiteboard dengan variabel
dependent (Y) yaitu peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Al-Amin Branta Pesisir Tlanakan Pamekasan.
Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif Koefisien korelasi dengan Korelasi Product-moment dan
bantuan program SPSS 24.0 For windows.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Penerapan Media Pembelajaran
Berbasis Interaktive Whiteboard (IWB) dengan Motivasi Belajar Peserta Didik yaitu bahwa “r” kerja 0,792. Jika
dikonsultasikan dengan tabel interpretasi “r” product moment, maka nilai “r” kerja tersebut berada di antara 0,6000,799
dengan interpretasi kuat. Hasil ini dapat ditunjukkan bahwa kelas Eksperimen memiliki pencapaian peningkatan

 

Published
2020-05-13
Section
Articles