PROFIL KESADARAN DIRI SISWA TENTANG PENCEMARANLINGKUNGAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING

  • El Indahnia Kamariyah
  • Agus Budiyono
Keywords: Problem Based Learning, Profil Siswa, Kesadaran Diri, Pencemaran Lingkungan.

Abstract

Tulisan ini mendeskripsikan besar kesadaran diri siswa tentang pencemaran lingkungan
sebagai efek dari pembelajaran model problem based learning. Penelitian ini menggunakan
metode pre-experiment dengan desain posttest only design. Data diperoleh menggunakan tes
kesadaran diri siswa yang selanjutnya dianalisis menggunakan persentase untuk mengaktegorikan
kesadaran diri siswa tentang pencemaran lingkungan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15
siswa pada kelas VII di SMP Nurul Jadid Kabupaten Pamekasan. Sampel dipilih menggunakan
metode pengambilan sampel bertujuan dengan tanpa adanya kelas pembanding. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa skor rata-rata kesadaran diri siswa sebesar 73,27 atau berada pada kategori
tinggi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa problem based learning memberikan efek yang
tinggi terhadap kesadaran diri siswa tentang pencemaran lingkungan.

 

Published
2020-11-18