INOVASI TAS MULTIFUNGSI SEBAGAI PEMBERDAYAAN UMKM DAN PELESTARIAN NILAI LOKAL DALAM IGENERATION

  • Angelicia Priscilla Universitas Kristen Petra
  • Stacey Young Universitas Kristen Petra
Keywords: iGeneration, UMKM, Informasi Teknologi, Kolaborasi

Abstract

Generasi Z bisa disebut juga dengan iGeneration. Bagi iGeneration informasi dan teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka, akses informasi yang mudah didapatkan dengan media internet telah menjadi budaya lokal dan gaya hidup modern yang cenderung dengan hal-hal yang praktis, ringkas dan efisien. Hal ini memberi dampak secara tidak langsung bagi iGeneration dalam bersosialisasi, cara pandang dan bekerja. Untuk mengimbangi gaya hidup masyarakat modern yang serba praktis terutama dalam bidang fashion, nilai-nilai lokal Nusantara mulai ditinggalkan oleh iGeneration dampak dari globalisasi. Dengan tujuan untuk memberdayakan UMKM serta meningkatkan kreativitas UMKM agar dapat menghasilkan produk-produk yang inovatif, UMKM dilibatkan secara langsung dalam proses pembuatan hingga proses produksi produk. UMKM yang dilibatkan dalam kegiatan ini merupakan UMKM jahit “Reny” dan UMKM batik eco-print “Wilis and Verda”, kita berkolaborasi dengan kedua UMKM tersebut untuk menghasilkan produk yang inovatif. Melalui kegiatan ini kita dapat berkontribusi kepada UMKM dengan memberikan mereka pelatihan untuk berpikir kreatif dan inovatif agar untuk kedepannya UMKM bisa menghasilkan produk yang memiliki daya tarik sendiri. Dari kegiatan kolaborasi bersama UMKM ini dihasilkan produk berupa tas multifungsi yang mengandung budaya lokal Indonesia untuk melestarikan budaya Nusantara. Dengan memanfaatkan akses internet melalui sosial media serta mengikuti pameran-pameran untuk promosi produk, produk dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Berdasarkan hasilnya, produk dapat dipasarkan dan UMKM dapat memperoleh ilmu untuk mengembangkan usahanya.

Published
2019-11-05