PELATIHAN PRODUKSI KERIPIK BAYAM UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN DAN PENGEMBANGANNYA

  • Laili Istiqomah Universitas Islam Madura
  • Cicik Khurotul Aini Universitas Islam Madura
  • Zailir Rohmah Universitas Islam Madura
  • Atik Sri Wahyuni Universitas Islam Madura
Keywords: Pelatihan, Keripik Bayam, Pemasaran, Pengembangan

Abstract

Berbicara mengenai sayuran terutama bayam, tumbuh amat melimpah hampir diseluruh wilayah Indonesia. Tanaman ini mudah sekali untuk tumbuh karena dipengaruhi oleh kondisi iklim dari negara ini. Dan masyarakat biasanya memanfaatkannya sebagai bahan makanan, seperti diolah menjadi sayur bening, sayur bayam, atau biasa dikenal dengan sayur kunci. Maka dari itu diperlukan solusi untuk mengubah anggapan dari orang-orang bahwa sayur bayam bisa diolah menjadi cemilan yang enak, salah satunya dibuat keripik dengan bermacam- macam variasi. Jadi, pada kesempatan kali ini produk unggulan yang akan kami adakan di proker kami yaitu pelatihan tentang produk keripik bayam dalam pemasaran dan pengembangannya, karena masyarakat Desa Nyalabu Laok sudah memiliki produk keripik bayam, hanya saja dari segi pemasarannya disini kurang berjalan, dikarenakan kekurangan inovasi baru dari masyarakat Desa Nyalabu laok. Metode dan Rancangan Pengabdian, diantaranya yaitu Analisa situasi masyarakat, identifikasi masalah, menentukan tujuan kerja secara spesifik, dan pelaksana kegiatan. Sedangkan aspek pemasaran yaitu produk, tempat, harga, dan promosi. Yang mana setelah mengetahui aspek pemasaran tersebut, maka kita akan lebih mudah dalam penjualan keripik bayam dan dalam mengembangkan produk tersebut yaitu dengan  menambahkan bermacam-macam variasi rasa pada  keripik bayam seperti rasa pedas, rasa original, rasa keju, rasa balado dan  rasa manis yang akan membuat masyarakat lebih berselera. Terutama   pada kemasan bisa dibuat dengan kemasan yang baru dengan hiasan yang lebih berbeda dari sebelumnya sehingga akan menarik perhatian konsumen untuk mengonsumsinya.

Published
2019-11-13