MENINGKATKAN PEMAHAMAN REMAJA PUTERI TENTANG MANFAAT KULIT BUAH NAGA UNTUK MENGURANGI NYERI MENSTRUASI DI DESA PADEMAWU BARAT

  • Layla Imroatu Zulaikha Universitas Islam Madura
  • Yulia Paramita Universitas Islam Madura
Keywords: Nyeri Menstruasi, kulit buah naga

Abstract

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Siklus ini merupakan proses organ reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan. Persiapan ini ditandai dengan penebalan dinding rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah. Jika tidak terjadi kehamilan, endometrium akan mengalami peluruhan dan keluar bersama darah melalui vagina. Nyeri haid dapat diredakan secara mandiri dengan pijatan, mandi air hangat, minuman hangat, berbaring dngan kaki diangkat, atau menempelkan koyo pada bagian yang sakit. Namun ada sebagian nyeri yang harus diredakan dengan obat-obat atau minuman herbal.

Salah satu minuman herbal yang dapat mengurangi dismenorea adalah jus kulit buah naga. Kulit buah naga yang bersisik tersebut dipercaya mengandung zat pentacyclic, triyepene, dan taraxast yang dapat membuat lentur pembuluh darah anda, sehingga darah akan mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. Jika pembuluh darah anda lentur, maka pembuluh darah tak mudah pecah meskipun mendapatkan tekanan yang kuat dari jantung. Lenturnya pembuluh darah juga mampu mengurangi rasa nyeri di awal menstruasi.

Pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang manfaat kulit buah naga untuk mengurangi nyeri menstruasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini berupa sosialisasi kepada seluruh remaja putri tentang manfaat dan cara engolahan buah naga di desa pademawu barat kecamatan pademawu kabupaten pamekasan. Hasil pengabdian adalah masyarakat dapat mengetahui cara mengolah kulit buah naga serta menambah pengetahuan tentang manfaat kulit buah naga untuk mengurangi nyeri menstruasi.

Published
2019-11-15