MEDIA INTERAKTIF UNTUK PESERTA DIDIK DI HIDAYAH ENGLISH COURSE (HEC) BANGKALAN

  • Mariyatul Kiptiyah STKIP PGRI Bangkalan
  • Tera Athena STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: Hidayah English Course, media interaktif, dan pembelajaran

Abstract

Para peserta didik di HEC masih cenderung diam ketika proses pembelajaran berlangsung. kadang beberapa diantara mereka kurang konsentrasi pada penjelasan para Tutor/pengajar  mereka. peneliti  mendapatkan  kesimpulan  bahwa secara  umum  peserta didik  kurang  aktif  dan  kurang  termotivasi  mempelajari  bahasa Inggris. Metode pengabdian yang dilakukan adalah metode pengabdian lapangan. Tim pelaksana pada langkah pertama mengidentifikasi masalah yang dihadapi, melakukan survey secara langsung ke HEC, melakukan kajian pustaka abagai acuan materi yang digunakan, dan merancang pelatihan. Yang akan mendapatkan pelatihan adalah para tutor terkait penggunaan media interaktif. Berdasarkan  hasil  observasi  diperlukan  metode/media  lain  untuk  memotivasi pembelajaran bahasa Inggris. Media interaktif dalam penggunaan pembelajaran didalam kelas menbantu proses pembelajaran lebih meningkat, baik dari motivasi, keinginan dan minat yang baru. Media Interaktif dapat membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh–pengaruh psikologis positif terhadap peserta didik. Pada pembelajaran langsung yang menggunakan media interaktif terdapat 5 fase. Pertama adalah menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik. Kedua, mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan. Ketiga, member pelatihan awal. Keempat, mencek pemahaman dan memberikan umpan balik. Kelima, lanjutan dan penerapan.

Published
2019-11-15