PEMBERDAYAAN INDUSTRI FURNITURE DI KOTA PASURUAN DALAM PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KAPASITAS MELALUI TEKNOLOGI TEPAT GUNA

  • Nunuk Indarti STKIP PGRI Pasuruan
  • Mohammad Aufin STKIP PGRI Pasuruan
Keywords: Pemberdayaan dan Pengembangan Kapasitas

Abstract

Perkembangan industri mebel di Kota Pasuruan masih menghadapi berbagai kendala yang menyebabkan daya saing komoditas menurun. Perusahaan yang tidak mempunyai daya saing akan ditinggalkan oleh pasar. Karena tidak memiliki daya saing berarti tidak mempunyai keunggulan, dan tidak unggul berarti berarti tidak ada alasan bagi suatu perusahaan untuk tetap survive didalam pasar persaingan untuk jangka panjang. Daya saing berhubungan dengan bagaimana efektivitas suatu organisasi di pasar persaingan, dibandingkan dengan organissasi lainnya yang menawarkan produk atau jasa-jasa yang sama atau sejenis. Perusahaan-perusahaan yang mampu menghasilkan produk atau  jasa yang berkualitas baik adalah perusahaan yang efektif dalam arti mampu bersaing dengan teknologi yang modern sehingga membawa pada peningkatan kualitas produk, pengembangan produk baru, produktivitas, serta efisiensi.

Tujuan program ini secara umum untuk memperoleh gambaran pemberdayaan Industri Furniture di Kota Pasuruan dalam perspektif pengembangan Kapasitas melalui unsur pengenalan teknologi tepat guna. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kelurahan Bukir dan Kelurahan Randusari. Hal ini dikarenakan Pemerintah Kota Pasuruan telah memusatkan kegiatan industri mebel ini di dua kelurahan melalui pembangunan pasar furniture di Kelurahan Bukir dan Kelurahan Randusari. Proses analisis data dilakukan secara simultan dengan proses pengumpulan data dan untuk memenuhi aspek ilmiah dan penelitian ini dapat dipertanggungjawabkan, maka digunakan 4 kriteria yang harus dipenuhi dalam penelitian kualitatif, yaitu: credibility, dependability, confirmability dan transferability.

Program ini diharapkan dapat dijadikan pedoman bagi dinas perindustrian dan perdagangan kota pasuruan, terutama bagi pelaku usaha industri furniture Kota Pasuruan untuk menggunakan teknologi yang tepat guna untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas dalam pengembangan kapasitas usahanya melalui introduksi teknologi yang tepat.

Published
2019-11-15