PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT DENGAN MENGGUNAKAN PGPR PADA TANAMAN CABAI RAWIT (capsicum frutescensL.)di DESA POLAGAN kec. GALIS kab. PAMEKASAN

  • Maulidinar Rohmah Universitas Islam Madura
  • Kustiawati Ningsih Universitas Islam Madura

Abstract

Sebagian besar masyarakat Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan mempunyai mata pencaharian sebagai petani salah satunya adalah petani cabai rawit. Penanaman cabai rawit di Desa Polagan bisa tergolong berhasil namun belakangan ini petani resah karena tanaman mereka terserang hama dan penyakit. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan dilakukan penelitian tentang hama dan penyakit menggunakan PGPR pada tanaman cabai rawit di Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan berdasarkan kondisi lingkungan yang cocok dengan budidaya tanaman cabai rawit di desa polagan juga dominan dengan petani cabai maka penelitian ini perlu diadakan supaya petani lebih faham bagaimana cara mengendalikan hama dan penyakit dengan menggunakan PGPR pada tanaman cabai rawit.  

Tanaman cabai rawit di desa polagan kecamatan galis kabupaten pamekasan memang sudah sejak lama dibudidayakan oleh masyarak polagan. Tanaman cabai rawit salah satu komoditas yang banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan volume kebutuhannya terus meningkat seiring dengan pertambahan penduduk dan teknologi.

Published
2020-11-20