PEMBERDAYAAN DAN PENINGKATAN PEMASARAN UKM BATIK TULIS MADURA MELALUI E-MARKETING

  • Bakir Bakir Universitas Islam Madura
  • Busro Akramul Umam Universitas Islam Madura
  • Yurie Efenie Universitas Islam Madura

Abstract

Dalam kegiatan bertujuan yang ingin dicapai adalah memperluas pemasaran batik yang bermula dari transaksi secara tradisional dapat memperluas pangsa pasa melalui e-market dan meningkatkan pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UKM) batik yang ada di pasar tradisonal melalui strategi pemasaran e-marketing dan proses pemasaran dan jual beli dapat terjangkau secara luas tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu. Target khusus yang ingin dicapai dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah pengelola UKM Batik berkemampuan dalam manajerial dibidang usaha yang baik, kreatif dalam menciptakan dan menuangkan ide-ide pemasaran, memiliki semangat dan daya saing internasional serta mampu memanfaatkan teknologi sebagai media pendukung dalam mengembangkan dan memperluas pemasaran usaha, serta meningkatkan penjualan dan pendapatan serta perekonomian masyarakat.

 

Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah dengan memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi antara lain melalui pelatihanpelatihan yaitu pelatihan menejemen usaha, pelatihan strategi pemasaran dan pemanfaatan teknologi komputer dalam membuat media kreatif, dan pelatihan peningkatan penjualan. Selain itu juga dirancang sebuah sistem aplikasi untuk pengelolaan keuangan dan website serta aplikasi berbasis mobile Android untuk memperluas wilayah pemasaran dan penjualan produk. Rencana kegiatan yang diusulkan dalam rangka pencapaian tujuan tersebut adalah melalui identifikasi permasalahan, melakukan pelatihan-pelatihan, merumuskan perencanaan bisnis, mendesain dan membangun sistem keuangan dan website e-market dengan aplikasi e-market dan aplikasi Android, strategi dan inovasi pemasaran produksi, memperluas jaringan usaha dan kerjasama, dan evaluasi program.

Published
2020-11-20