PEMANFAATAN DAUN KELOR (Moringa oleifera) SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN HAND SANITIZER HERBAL

  • Pramono Hadi Universitas Islam Batik Surakarta
  • Libria Widiastuti Universitas Islam Batik Surakarta
  • Tria Rosana Dewi Universitas Islam Batik Surakarta
  • Siti Nurlaela Universitas Islam Batik Surakarta
Keywords: hand sanitizer, herbal, daun kelor, konservasi

Abstract

Hand sanitizer (antiseptik tangan) adalah produk kesehatan yang secara instant dapat mematikan kuman tanpa menggunakan air, dapat digunakan kapan saja danĀ  dimana saja, misalnya setelah memegang uang, sebelum makan, setelah dari toilet dan setelah membuang sampah.

Tujuan dari program IbM ini adalah : (1). menghasilkan suatu produk kesehatan yang dapat dimanfaatkan baik untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat Wonorejo dan sekitarnya. (2) Memberikan pengetahuan dan latihan tentang arti penting menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan. (3) Mendorong kesadaran dan perilaku bersih dan hidup sehat. IbM ini telah dilaksanakan pada bulan Juni 2020 di Kecamatan Wonorejo Kabupaten Sragen via Zoom Cloude Meeting. Metode yang digunakan berupa ceramah berisi penjelasan materi dan praktek pembuatan hand sanitizer.

Hasil dari Program ini adalah : (1) Pemahaman peserta tentang pembuatan hand sanitizer dari bahan alam beserta fungsinya. (2) Peserta telah menguasai teknologi pembuatan hand sanitizer herbal. (3) Peserta semakin sadar arti penting menjaga kebersihan dan kesehatan dengan lebih memilih bahan organik sebagai bahan pembuat hand sanitizer.

Published
2020-11-20