PENDAMPINGAN SISWA BELAJAR DI RUMAH MENGGUNAKAN MEDIA CORONG BERHITUNG

  • Ulfatus Sa'diyah Universitas Islam Madura
  • Agus Budiyono Universitas Islam Madura
Keywords: PendampinganBelajar, Corong berhitung, Hasil Belajar dan motivasi belajar

Abstract

Dalam bidang pendidikan, tidak selamanya pendidikan di sekolah berjalan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Berbagai upaya untuk mengatasi problematika pendidikan dapat dilakukan, salah satunya melalui kegiatan pendampingan belajaryang merupakan bagian dari bentuk pengabdian pada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai sarana penyampaian kebermanfaatan ilmu dan rasa kepedulian para dosen terhadap masyarakat dibidang pendidikan dalam bentuk kegiatan pendampingan siswa dirumah menggunakan media corong berhitung. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini melibatkan siswa SD yang berjumlah total 6 siswa. Metode pelaksanaan kegiatan secara deskriptif kualitatif. Teknik analisa data secara naratif deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa hasil belajar dengan media corong berhitung pada materi soal cerita perkalian dalam kehidupan sehari-hari lebih mudah dipahami dibandingkan tanpa menggunakan media corong berhitung.dan motivasi belajar siswa mengalami perkembangan yang baik.

Published
2020-11-23