PENDAMPINGAN PENGUATAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN ILMU TAJWID DI DUSUN BRINGIN OMBEN KABUPATENSAMPANG

  • Sabrina Fitriyana Universitas Islam Madura
  • Aminatus Zakhra Universitas Islam Madura

Abstract

Dusun Bringgin OmbenKabupaten Sampang banyak terdapat Langgar/Musholla salah satunya adalah langgar Nurul huda sebagai  tempat mengaji bagi anak-anak yang tinggal disekitar itu. Dan disitu didalam mengaji belum menerapkan Ilmu Tajwid dalam praktek mengajarnya, yang mana di tempat tersebut dalam prakteknya hanya berfokuskan pada Makharijul Huruf dan tidak sampai  padaTajwidnya. Tujuan adanya pengabdian masyarakat ini adalah untuk melakukan pendampingan belajar ngaji dengan menggunakan Ilmu tajwid guna menguatkan ilmu tajwid. Metode nya yaitu dengan melakukan pendampingan langsung pada anak-anak didik di Langgar Nurul Huda Omben Sampang selama Agustus - September 2020. Metode pengabdiannya adalah tahap awal yaitu  sosialisasi dan pendekatan pada tokoh masyarakat sekitarnya, tahap pelaksanaan pendampingan langsung pada anak-anak didik kita, tahap monitoring dan evaluasi adalah melakukan penilaian serta game-game untuk memotivasi mereka. Sampel seluruh anak-anak didik yg terdiri 6 anak saja. Hasil pengabdian masyarakat ini dengan pendampingan langsung dari 6 anak hanya 2 yang masih belum mengalami peningkatan dikarenakan umur belum mencukupi. Kalau dipresentasekan 83% sudah mengalami peningkatan sisanya 17% belum mengalami peningkatan. Kesimpulannya dengan adanya pendampingan langsung dan rutin dilakukan pendampingan maka bisa meningkatkan penguatan tajwid didalam membaca alqur’an dan juga memberikan ketakwaan bagi yang membacanya dengan baik dan benar.

Published
2020-11-20