PENGARUH KUALITAS ATMOSFER DAN KUALITAS INTERAKSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RUMAH SAKIT TIPE D DI SUKOHARJO

  • Bidari Andria Universitas Sebelas Maret
  • Devi Wisnu Untoro Universitas Sebelas Maret
Keywords: kualitas atmosfer, kualitas interaksi, kepuasan pelanggan, rumah sakit

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas atmosfer dan kualitas interaksi terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Sampel penelitian berjumlah 170 responden pasien rawat inap rumah sakit Tipe D  di Sukoharjo yang terbagi menjadi  Rumah Sakit PKU Muhammadiyah dan Rumah Sakit Nirmala Suri. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini  melalui  Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan program SmartPLS. Uji validitas dan reliabilitas  dianalisis melalui outer model, sedangkan inner model digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas atmosfer dan kualitas interaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sehingga semakin baik kualitas atmosfer dan kualitas interaksi  maka,  semakin tinggi kepuasan pelanggan  Rumah Sakit Tipe D di Sukoharjo.

Published
2018-12-29