PENGUKURAN REGULATORY FIT PADA PENGUNJUNG WARKOP ANGKRINGAN BERBASIS INTERNET (WIFI) DI KAB. MOJOKERTO)

  • M.syamsul Hidayat Universitas Islam Majapahit
  • Nurdiana Fitri Isnaini Universitas Islam Majapahit
Keywords: Regulatory fit, pengunjung, UMKM, Internet

Abstract

Tujuan jangka panjang dalam penelitian ini adalah mengukurkesesuaian  regulatory fit pada setiap individu atau pengunjung dengan framing iklan yang disajikan oleh pemasarUMKM warkop angkringan berbasis internet (wifi) agar keduanya mencapai tujuan dan memperoleh keuntungan yang maksimal (regulatory focus), sedangkan target khusus adalah : untuk mengetahui dan mengkaji (1) bagaimana framing iklan yang dibentuk oleh para pemasar (UMKM warkop angkringan) akan memberikan benefit sekaligus menghindari risiko bagi pengunjungnya. (2) apa kelebihan menjadi pengunjung maupun UMKM warkop angkringan berbasis internet (wifi) dan bagaimana cara mempertahankan loyalitas pengunjung  warkop angkringan berbasis internet, dengan demikian informasi dari berbagai bentuk tersebut dapat digunakan untuk membenahi strategi pemasaran UMKM warkop angkringan berbasis internet (wifi) di Kab. Mojokerto. Penelitian ini merupakan eksploratory research. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan Focus Group Discussion (FGD) yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana framing iklan yang dibentuk oleh para pemasar (UMKM warkop angkringan) akan memberikan benefit sekaligus menghindari risiko bagi konsumen, (2) apa kelebihan menjadi konsumen maupun UMKM warkop angkringan berbasis internet (wifi) dan bagaimana cara mempertahankan loyalitas pengunjung. Warkop angkringan berbasis internet (wifi) di Kab. Mojokerto. Proses penelitian dilakukan secara terstruktur dan menggunakan sampel dalam jumlah yang kecil. Wawancara/interview dilakukan secara open ended agar diperoleh informasi yang lengkap dari para partisipan. Teknik analisis dilakukan secara diskriptif, sesuai dengan tahapan dan pengelompokan bentuk informasi yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa ada beberapa Keuntungan yang di peroleh oleh pemilik Warkop angkringan berbasis internet (Wifi) yaitu antara lain:((a). Usaha Warkop angkringan berbasis internet (Wifi) tidak memerlukan adanya ketrampilan yang tinggi yang memerlukan tingkat pendidikan formal ataupun yang sejenisnya,(b) Usaha Warkop angkringan berbasis internet (Wifi) juga tidak memerlukan adanya modal yang terlalu besar.Oleh kare usaha ini tergantung pada skala usaha.Dimana pada umumnya tempat usaha merupakan sewa.(c).Pendapatan yang di peroleh Usaha Warkop angkringan berbasis internet (Wifi) juga lumayan besar.Secara umum Pendapatan yang di peroleh berkisar antara Rp.1.500.000 s/d 4.500.000 perbulan,(d).Adanya tingkat resiko yang rendah yang di miliki oleh para pemilik Warkop Warkop angkringan berbasis internet (Wifi) merupakan alasan dan keuntungan yang di peroleh.Dimana menu  yang di perjualbelikan umunya adalah anaeka minuman serta makanan ringan.

Published
2018-12-29