PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA PADA PT. MARINAL INDOPRIMA CABANG SUMENEP

  • Holis Holis Universitas Islam Madura
  • Aminatus Zakhra Universitas Islam Madura
  • Evi Malia Universitas Islam Madura
Keywords: biaya pemasaran, laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran terhadap laba pada PT.
Marinal Indoprima Cabang Sumenep. Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini
adalah biaya pemasaran. Sedangkan variabel Dependen yang digunakan pada penelitian ini adalah
laba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh biaya pemasaran terhadap laba
diketahui dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa biaya pemasaran berpengaruh positif dan
signifikan terhadap laba pada tingkat signifikansi 95%. Karena dengan uji hipotesis didapatkan
taraf signifikan 0,018 yang lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan
hasil uji determinasi dapat kita lihat dari nilai R- Square sebesar 0,791 atau 79,1% variabel
dependen atau biaya pemasaran dipengaruhi oleh variabel independen yaitu laba.

Published
2020-07-20