Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Permainan Kareka (Kartu Remi Fisika) Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA

  • Mohammad Lutfiyadi Universitas Islam Madura
  • Agus Budiyono Universitas Islam Madura
Keywords: Penguasaan Konsep, Permainan Kareka, Problem Based Larning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan media permainan kareka terhadap penguasaan konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 4 Pamekasan Tahun Pelajaran 2017-2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Perolehan nilai rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 89,93 dan kelas kontrol sebesar 79,13. Teknik analisis data yang dilakukan untuk uji normalitas, uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 16.00. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 7,932 dan signifikansi 0,000 dan dapat diketahui nilai ttabel pada taraf kesalahan 5% sebesar 1,98, maka thitung > ttabel atau nilai signifikansi < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan media permainan kareka terhadap penguasaan konsep siswa. Besar peningkatan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,85 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol sebesar 0,66 dengan kategori sedang.

Abstract

This study aims to determine the effect of Problem Based Learning learning models with media kareka games of the mastery of students' concepts. The type of research used in this study is quasi experiment. The population in this study were students of class XI of SMAN 4 Pamekasan Academic Year 2017-2018. Sampling is done by using purposive sampling method. The sample of this study were students of class XI MIPA 2 as the experimental class and students of class XI MIPA 1 as the control class. The acquisition of the average posttest of the experimental class is 89.93 and the control class is 79.13. Data analysis techniques performed for normality test, homogeneity test, followed by hypothesis testing using the SPSS program version 16.00. The results of hypothesis testing obtained the value of tcount of 7.932 and the significance of 0.000 and it can be seen that the value of t table at the 5% error level of 1.98, then tcount> ttable or significance value <0.05. This shows that there is an influence of the Problem Based Learning learning model with the game media because of the mastery of students' concepts. Large increase in students' mastery of concepts in the experimental class is 0.85 with high category and in the control class is 0.66 with the medium category.

Published
2018-10-16
How to Cite
Lutfiyadi, M., & Budiyono, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Permainan Kareka (Kartu Remi Fisika) Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. National Conference on Mathematics, Science and Education (NACOMSE), 1(01), 247-254. Retrieved from https://proceeding.uim.ac.id/index.php/nacomse/article/view/173