Perbedaan Skor Penguasaan Konsep Fisika Antara Tes Uraian Dengan Tes Pilihan Ganda Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Permainan Engklek Di SMP Pamekasan

Keywords: Model Pembelajaran Inkuri, Media Permainan Engklek, Soal Uraian, Soal Pilihan Ganda

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi perbedaan skor penguasaan konsep fisika antara tes uraian dengan tes pilihan ganda melalui model pembelajaran inkuri berbantuan media permainan di SMP Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sedangkan subyek di ambil secara acak yaitu siswa SMP Muhammadiyah Pamekasan, dimana siswa kelas IX A untuk kelas kontrol yang menggunakan tes pilihan ganda, sedangkan kelas IX B untuk kelas eksperimen yang menggunakan tes uraian. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu: silabus, RPP, pretest-postest, LKS, media permainan engklek buku siswa, dan soal tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah validitas butir soal, uji validasi butir soal, uji reabilitas butir soal, tingkat kesukaran soal,uji daya beda, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pada penelitian ini dapat di interpretasikan bahwa hipotesis penelitian diterima, karena diperoleh nilai t sebesar 5.952 dengan angka signifikansinya 0,00<0,05, jadi terdapat perbedaan skor penguasaan konsep antara tes uraian dengan tes pilihan ganda melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan media permainan engklek di SMP pamekasan.

 Abstract
The purpose of this research was to identify differences in the mastery score of physics concepts between description tests with multiple choice tests through learning models using media games at Pamekasan Junior High School. The type of research used was quasi-experimental. While the subjects were taken randomly by students of Pamekasan Muhammadiyah Junior High School, where students of class IX A for the control class used multiple choice tests, while class IX B for the experimental class used the description test. This research uses a quantitative approach. The instruments used are: syllabus, lesson plans, pretest-posttest, student worksheets, student game media, and test questions. The data analysis used in this research is the validity of the items, the validation test of the items, the reliability test of the items, the level of difficulty of the questions, the different power tests, the normality test, the homogeneity test, and the hypothesis test. In this research it can be interpreted that the research hypothesis is accepted, because it obtained a t value of 5.952 with a significance number of 0.00 <0.05, so there are differences in mastery of concept scores between description tests with multiple choice tests through media-assisted inquiry learning crank games in Pamekasan Junior High School.

Published
2018-10-16
How to Cite
Kholida, S. I., & Suprianto, S. (2018). Perbedaan Skor Penguasaan Konsep Fisika Antara Tes Uraian Dengan Tes Pilihan Ganda Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Permainan Engklek Di SMP Pamekasan. National Conference on Mathematics, Science and Education (NACOMSE), 1(01), 393-400. Retrieved from https://proceeding.uim.ac.id/index.php/nacomse/article/view/188