INVENTARISASI FAMILY ZINGIBERACEAE YANG BERPOTENSI SEBAGAI OBAT DI KABUPATEN MUSI RAWAS

  • Merti Triyanti
Keywords: inventarisasi, zingiberaceae, Musi Rawas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis family zingiberaceae yang berpotensi sebagai obat di Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini dilaksanakan di Bukit Cogong Kabupaten Musi Rawas. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif yaitu data hasil wawancara dikelompokkan berdasarkan bagian-bagian yang dimanfaatkan serta cara pengolahannya yang diketahui oleh masyarakat di Bukit Cogong Kabupaten Musi Rawas. Hasil penelitian ditemukan ada 7 jenis family zingiberaceae yang yang berpotensi sebagai obat. Bagian tumbuhan yang paling banyak digunakan adalah rimpang dan yang paling sedikit digunakan adalah daun dan batang. Masyarakat dibukit Cogong Kabupaten Musi Rawas mengolah tumbuhan obat paling banyak dengan cara direbus dan yang paling sedikit digunakan yaitu dilalap.

References

Arisandi, Y dan Yovita A. 2011. Khasiat Berbagai Tanaman untuk Pengobatan. Jakarta: Eska Media.

Arisandy, D.A dan Triyanti, M. 2018. Kenaekaragaman Jenis Vegetasi Strata Semak Di Hutan Perlindungan Kawasan Bukit Cogong. Jurnal Bioedusans. Vol. 1 No. 2

Dalimartha, S. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Faiha, A. 2015. Apotek Hidup. Jakarta: Genis Publisher.

Hariana, Arief. 2007. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Jakarta: Penebar Swadaya.

Leisha, A. 2017. Tumbuhan Obat di Kecamatan Lubuklinggau Timur II. STKIP PGRI Lubuklinggau.
Mahendra, B. 2006. 13 Jenis Tanaman Obat Ampuh. Jakarta: Penebar Swadaya.

Pranata, S. Tony. 2014. Herbal Toga (Tanaman Obat Keluarga). Yogyakarta: Aksara Sukses.

Purwanto, Ns. B. 2016. Obat Herbal Andalan Keluarga. Yogyakarta: Flashbooks

Putra, W. S. 2016. Kitab Herbal Nusantara: Aneka Resep dan Ramuan Tanaman Obat untuk Berbagai Gangguan Kesehatan. Yogyakarta: Katahati.

Qomarus, Z. 2009. Etnobotani Tumbuhan Obat di Kabupaten Pamekasan Madura Provinsi Jawa Timur. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Savitri. 2016. Tanaman Ajaib! Basmi Penyakit dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Depok: Bibit Puslisher.

Septiatin, A. 2008. Apotek Hidup dari Rempah-Rempah, Tanaman Hias, Tanaman Liar. Bandung: CV Yrama Widya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjitrosoepomo, Gembong. 2009. Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah MadaUniversity Press.

Yulianti, D. 2014. Etnobotani Tumbuhan Pekarangan Sebagai Obat Tradisional Masyarakat Suku Serawai Kelurahan Dusun Baru Kabupaten Seluma Bengkulu dalam Pengembangan Sumber Belajar Biologi SMA. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Published
2019-12-27
How to Cite
Triyanti, M. (2019). INVENTARISASI FAMILY ZINGIBERACEAE YANG BERPOTENSI SEBAGAI OBAT DI KABUPATEN MUSI RAWAS. National Conference on Mathematics, Science and Education (NACOMSE), 2(1), 11 - 16. Retrieved from https://proceeding.uim.ac.id/index.php/nacomse/article/view/343