ANALISIS DAN PENGGUNAAN CAPABILITY MATURITY MODEL PADA PONDOK PESANTREN

  • Alfian Ardiansyah Universitas Islam Negeri Malang
  • Abdul Hamid Universitas Islam Negeri Malang
  • Habibi Sabika Universitas Islam Negeri Malang
  • Muhammad Ainul Yaqin Universitas Islam Negeri Malang
Keywords: CMM, proses area, level, pondok pesantren, rencana proyek

Abstract

Pendidikan adalah pondasi penting bagi masyarakat manapun yang berkembang .Pondok pesantren merupakan salah satu institusi pendidikan yang mengajarkan nilai-nilai islam dalam kehidupan dan juga pedidikan formal bagi para santri. Untuk membuat operasi di segala aspek pondok pesantren lebih efisien dibutuhkan penggunaan CMM (capability maturity model) yang di era modern ini pondok pesantren harus terus melakukan perkembangan,untuk bersaing dengan institusi pendidikan lainnya oleh sebab itu mereka perlu mengetahui sampai dimanakah posisi mereka itu sendiri dalam Pendidikan sebagai institusi. Dalam kajian ini kami membuat kerangka proposal yang akan menjelaskan bagaimana caranya untuk mengukur tingkat kamajuan dan perkembangan pondok pesantren menggunakan CMM, dengan menggunakan metode ini kita bisa menganalisis dan mengukur level, proses area, dan indikator yang menentukannya. Setelah kita melakuan pengukuran kita akan mendapatkan hasil yang menilai posisi pondok pesantren pada saat itu dan juga menghasilkan rencana proyek bagaimana ke level selanjutnya.

References

Nurfaeda, Purnamawati,Anas Arfandi. 2019. “Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Proses Pembelajaran pada SMK Negeri Se-kota Makassar”. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. hal. 1-18.
SV Ramanamurthy, Tomesh Kumar Jain,Amarisha Jain.2012. “CMMI for Educational Institutions”. International Conference on Software Engineering and Mobile Application Modeling and Development (ICSEMA 2012). Pragati Engineering College. hal. 1-5.
Ana M. Moreno, María-Isabel Sánchez-Segura, Fuensanta Medina-Dominguez, Gonzalo Cuevas.2013. “Process Improvement from an Academic Perspective: How Could Software Engineering Education Contribute to CMMI Practices?”. Universidad Politécnica de Madrid. IEEE Software Volume 31 (issue 4). hal 91-97.
Rika Kharlina Ekawati. 2008. “Menjadikan KIPI (CMM Versi Indonesia) Diminati Oleh Perusahaan Piranti Lunak Di Indonesia”. Volume 4 (Nomor 2), hal 22-26
James, R. P.2005. “Implementing The Capability Maturity Model”, New York. John Willey & Sons Inc.
National Minimum Standards For Boarding School. 2003. Cardiff. Welsh Assembly Government.
Published
2019-12-27
How to Cite
Ardiansyah, A., Hamid, A., Sabika, H., & Yaqin, M. (2019). ANALISIS DAN PENGGUNAAN CAPABILITY MATURITY MODEL PADA PONDOK PESANTREN. National Conference on Mathematics, Science and Education (NACOMSE), 2(1), 17 - 26. Retrieved from https://proceeding.uim.ac.id/index.php/nacomse/article/view/344

Most read articles by the same author(s)