Analisis dan Pengukuran CMM (Capability Maturity Model) pada Sekolah

  • Fandy Ahmad Joansyah Universitas Islam Negeri Malang
  • Muhammad Saiful Rizal Hanafi Universitas Islam Negeri Malang
  • Rahmad Gembira Simamora Universitas Islam Negeri Malang
  • Muhammad Ainul Yaqin Universitas Islam Negeri Malang
Keywords: CMM, proses area, tingkat kematangan, sekolah, pengembangan

Abstract

Sekolah adalah lembaga yang bertugas melaksanakan proses pendidikan belajar mengajar.Agar kegiatan pembelajaran di suatu sekolah dapat berjalan dengan lebih baik lagi dari waktu ke waktu, dibutuhkan sebuah instrumen pengukuran yang dapat memberikan informasi mengenai tingkat perkembangan pada sekolah tersebut.Untuk mendapatkan informasi mengenai sejauh mana perkembangan pada suatu sekolah,dapat digunakan CMM(Capability Maturity Model) untuk mengetahui sejauh mana tingkat kematangan dari sekolah. Dalam paper ini kami akan mencoba menjelaskan tentang bagaimana mengetahui tingkat kematangan suatu sekolah menggunakan metode CMM.Dengan CMM kita dapat mengetahui berapa level kematangan suatu sekolah dengan menganalisa proses area yang telah ditetapkan sebagai indikator pengukuran CMM. Manfaat yang didapatkan dari analisa CMM ini adalah mengetahui sejauh mana tingkat kematangan suatu sekolah serta pengembangan apa yang harus dilakukan kedepannya.

References

Ika Kurniawati, Mochammad Chandra Saputra, Aditya Rachmadi. (2018). Penilaian Tingkat Kematangan Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Menggunakan Framework CMMI-Dev 1.3 Pada PT. ABC. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol.2 (No.12), hlm. 6457-6466

S V Ramanamurthy, Tomesh Kumar Jain, Amarisha Jain. (2018). CMMI for Educational Institutions. Computer and Science Journal

James R. Persse. (2001, Februari 11). Creating Level 2 Structures. In Implementing the Capability Maturity Model (chap. no.3).Retrieved …18 November 2019 …., from http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=FDBADE7861E80E3AC0E92F4D7A4761B5&fbclid=IwAR3jXUAV07CdUcxGX-ixYiwRXr44nTRJAxiBeZZYRNCA26C55f0u47fj-nI
Published
2019-12-27
How to Cite
Joansyah, F., Hanafi, M., Simamora, R., & Yaqin, M. (2019). Analisis dan Pengukuran CMM (Capability Maturity Model) pada Sekolah. National Conference on Mathematics, Science and Education (NACOMSE), 2(1), 25 - 34. Retrieved from https://proceeding.uim.ac.id/index.php/nacomse/article/view/348