Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender

Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, Jenis Kelamin

Abstract

Kurangnya kemauan siswa untuk menjawab pertanyaan/mencari jawaban ketika guru memberikan tanya jawab disebabkan beberapa factor, salah satunya adalah perbedaan gender dan penerapan model pembelajaran yang monoton. Penelitian ini untuk mengidentifikasi adanya pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari perbedaan gender, serta mengetahui adakah interaksi antara model discovery learning  dan perbedaan gender terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperiment dengan rancangan faktorial. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX IPA 2 dan 3 di SMAN 1 Pademawu. Data penelitian berupa kemampuan hasil belajar fisika, yang telah di uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian di analisis menggunakan uji parametric anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning  terhadap hasil belajar fisika siswa, diperoleh nilai Fhitung = 18.240 dengan angka signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05; terdapat pengaruh yang signifikan dari perbedaaan gender terhadap hasil belajar fisika, didapatkan  Fhitung = 57.319 dengan angka signifikansi 0,000 ˂ 0,05; ada interaksi penerapan model discovery learning dan perbedaan gender terhadap hasil belajar fisika, diperoleh nilai Fhitung =  6.369 dan angka signifikansi sebesar 0.014 lebih kecil dari 0,05.

 

Kata Kunci: Discovery learning, hasil belajar, perbedaan gender

  ABSTRACT

The lack of willingness of students to answer questions / look for answers when the teacher gives questions and answers caused by several factors, one of which is gender differences and the monotonous application of learning models. This study is to identify the significant influence of discovery learning models on physics learning outcomes in terms of gender differences, and find out whether there are interactions between discovery learning models and gender differences on student physics learning outcomes. This research is a quasi experimental research with factorial design. The sample of this study was students of Class IX IPA 2 and 3 at SMAN 1 Pademawu. The research data in the form of the ability to study physics, which has been prerequisite tests using the normality test and homogeneity test, then analyzed using the two-way Anova parametric test. The results showed that there was a significant influence on the discovery learning model of students' learning outcomes in physics, the Fcount value = 18,240 with a significance value of 0,000 was less than 0.05; there is a significant influence of gender differences on physics learning outcomes, obtained Fcount = 57.319 with a significance value of 0.000 ˂ 0.05; there is a interaction of the application of discovery learning models and gender differences to the learning outcomes of physics, the value of Fcount = 6.369 and the significance value of 0.014 is smaller than 0.05.

 Keywords: discovery learning, learning outcomes, gender

Author Biographies

Rokamah Rokamah, Universitas Islam Madura

Program Studi Pendidikan Fisika

Suprianto Suprianto, Universitas Islam Madura

Program Studi Pendidikan Fisika

References

Adeosun O. V. (2002). Relative effects of three multimedia packages on students’ achievement and retention in Social Studies (An unpublished PhD Thesis) University of Ado-Ekiti. Ekiti State.
Fitri, F., & Derlina. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor: Jurnal INPAFI, 3(02), 89-96. https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5130
Miftahurrohmah. 2016. Penerapan Discovery Learning Pada Materi Fluida Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI SMAN 1 Labuhan Haji Aceh Selatan : Skripsi Universitas Islam Negeri AR-Raniry.
Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. 2017. Pengaruh Model pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91-94.
Siswati, B. H., Susilo, H., & Mahannal, S. 2016. Pengaruh gender terhadap keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep peserta didik Ipa dan Biologi di Malang. (prosiding Semnas pend. IPA Pascasarjana UM. Vol. 1).
Published
2019-12-27
How to Cite
Rokamah, R., & Suprianto, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. National Conference on Mathematics, Science and Education (NACOMSE), 2(1), 119-122. Retrieved from https://proceeding.uim.ac.id/index.php/nacomse/article/view/484